Monday 17 August 2015

Diary Bukan Komedi

Dia itu siapa ?


                Siang yang panas ini hanya bisa gue lalui dengan cara baring sambil mencetin tombol remote televisi. Sambil terus ngipasin badan gue yang kerasa kayak ikan dalam oven. Sesekali gue juga ngeliatin hape berharap adek gue gak nelpon duluan. karena panas yang terik ini, gue gak mau keluar rumah dan merelakan kulit mulus gue terbakar matahari. Namun, apadaya ikan udah dibakar, adek gue keburu nelpon dan minta segera di jemput di sekolahnya.


                Dengan rasa malas yang udah kronis, gue tetap berusaha berdiri, berjalan mengambil jaket  dan helm lalu pergi dengan motor supra fit kesayangan gue. sebenarnya itu adalah motor satu-satunya. Gak butuh waktu lama, gue segera tiba di sekolahnya. Namun, niatnya langsung pulang ternyata gagal. Gue harus nungguin adek gue sampai gurunya nyuruh dia pulang. Sebenarnya gue bisa aja minta untuk segera memulangkan adek gue, cukup dengan alasan : kalau kelinci perliharaannya mati kejepit pintu dan harus segara di makamkan. Namun, gue takut entar alasan gue yang sangat masuk akal itu di tolak mentah-mentah karena adek gue emang gak punya kelinci. Jangankan kelinci, melihara kecebong aja dalam hitungan menit udah pada ngapung gak bernyawa.

                Akhirnya gue nunggu adek gue pulang.  Entah karena sedang bahagia, matahari siang itu gak henti-hentinya menyinari sinarnya kearah gue (Menurut gue). Gak hanya sampai di situ aja, rasa suntuk, bosan juga mulai menggrogoti diri gue. mencoba ngilangin rasa bosan dengan main game di hape, saat itu hape gue emang gak ada game. Mau nge-Chat orang, gue tau gak ada yang mau nge-balas Chat dari gue. mencoba ngajakin orang yang ada di samping gue ngobrol, pas gue liat ternyata bapak-bapak dengan tampang sangar. Sehingga gue terpaksa harus diam tanpa kata(mirip judul lagu). Tapi sebuah kebetulan, seseorang dari arah yang berbeda menyapa gue.

                “Hay ki!!!”sapanya.

Kaget bercampur rasa ragu-ragu, gue mencoba melihat kearah sumber suara itu. Dan ternyata orang itu adalah teman gue sewaktu SMP. Dari sana gue dan sosok manusia yang mengenal gue itu mulai mengobrol saling melepas kebosan.

                “kemana aje lo ki, udah lama gak keliatan?”
                “gue sibuk di kampus biasa banyak aktivitas”jawab Gue sambil nyengir. Pada hal gue gak punya aktivitas lain selain baring dan nonton televisi dirumah.
                “sekarang lo kuliah dimana ?”tanyanya lagi.
                “gue kuliah di UI Negeri!”jawab gue dengan tampang serius.
                “wah! Keren amat lo ki, bisa kuliah di UI, jadi kenapa lo sekarang di Pekanbaru?”

Saat itu gue diam sejenak, gue mencoba menyerap pertanyaan itu agar bisa mengeluarkan alasan-alasan baru untuk membuat harga diri gue naik. Namun, karena gue ingat pesan nyokap ‘jadilah anak yang jujur supaya gak menjadi anak yang pembohong’ pesan itu sulit untuk gue cernah. Tapi siang itu, terik matahari yang melelehkan otak gue berhasil membuat gue mencerna pesan dari nyokap itu. hal hasilnya, gue akhirnya jujur dengan mengatakan.

                “gue gak kuliah di UI seperti yang lo bayangin, gue kuliah di Universitas Islam Negeri “
                “jadi maksudnya lo kuliah di UIN ki! Bilang aja UIN, gak perlu sok keren gitu”katanya kesal.

Melihat dia marah, gue hanya bisa cengengesan gak bersalah. Obrolan itu berlangsung cukup lama. Bahkan gue sampai lupa kalau tujuan awal  ke sekolah ini adalah untuk jemput adek gue. walau pembahasan kami hanya masalah perkuliahan aja, tapi semua itu lebih baik dari pada harus ngebahas soal pacar, yang saat ini status gue masih jomblo gak karuan. Makanya gue lagi sensinya kalau dengerin orang bahasa soal pacar.

                Waktu terus berlalu, kali ini teman lama gue nanyain soal jurusan. gue paling semangat kalau ada orang yang ngebahas soal jurusan.

                “lo masuk jurusan apa ki ?”
Dengan nada bangga gue langsung menjawab
                “gue masuk jurusan Teknik Informatika, atau bahasa kerennya IT atau bahasa inggrisnya Information Technology”

Tapi setelah mendengar jawab gue. untuk beberapa detik teman gue itu terdiam sambil ngeliat muka gue. saat itu gue tau apa yang sedang ia pikirkan. Sama dengan teman gue yang lain. mereka selalu shock mendengar gue masuk jurusan IT. karena  memang sewaktu SMA gue adalah siswa IPS yang jalur jurusannya melenceng dari apa yang sekarang gue geluti. Tapi tetap aja, kata gak mungkin itu udah ilang dalam kamus gue. bagi gue, gak ada yang gak mungkin selagi masih ada usaha dan sebuah doa.
                Setelah mencoba terus untuk meyakinkan teman gue itu. pada akhirnya ia terpaksa yakin. Gak terasa adek gue udah pulang. Obrolan gue dan teman SMP itu juga selesai. Gue pulang keruamhnya, dia pulang kerumahnya. Di perjalan  pulang adek gue nanya

                “bang, itu tadi yang bicara sama abang itu siapa?”

Saat itu juga gue langsung berhenti ditepi jalan. Adek gue pun kaget ngeliat gue yang tiba-tiba jadi aneh.
                “kenapa berhenti bang ?”tanya adek gue cemas.

Gue masih diam, berpikir tentang jawaban dari pertanyaan adek gue. cukup lama gue berhenti di tepi jalan. Sampai akhirnya gue menemukan jawaban yang tepat.

                “ENTAH! Abang gak tau siapa namanya”kata gue lalu melanjutkan perjalanan pulang.

Begitulah pertemanan, terkadang saking banyaknya teman, kita bisa melupakan tiap nama-nama teman yang di kenal. Seperti kata pepatah, tak kenal maka tak sayang, tak sayang berarti biasa aja.


                

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...